Pengertian Cloud Computing


Cloud Computing




Secara Umum, cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.


Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.


Cloud computing adalah komputasi berbasis internet yang menyediakan pengolahan sumber daya dan data komputer ke komputer dan perangkat lain sesuai permintaan. Sederhananya, cloud computing adalah penyediaan layanan komputasi server, storage, database, network, software, analytic (analisis), dan layanan lainnya melalui Internet (Cloud).


Jenis-Jenis Cloud Computing

Kebanyakan layanan cloud computing yang ada terbagi kedalam tiga kategori, yaitu IaaS (infrastructure as a service), PaaS (platform as a service), dan SaaS (software as a service). Untuk memahami perbedaan diantara ketiganya, jejak waktu akan menjelaskannya satu per satu.


      1.  IaaS (Infrastructure as a Service)

     IaaS merupakan jenis layanan cloud computing yang paling dasar. Dengan IaaS, Anda dapat menyewa infrastruktur IT dari perusahaan penyedia cloud secara pay-as-you-go (bayar sesuai yang anda pakai).
     Adapun infrastruktur IT yang dapat disewa diantaranya server, virtual machine (VM), storage, network, dan operating system.


      2.    PaaS (Platform as a Service)

      PaaS mengacu pada layanan cloud computing yang menyediakan suatu lingkungan berdasarkan permintaan pengguna untuk mengembangkan, menguji, memberikan, dan mengelola aplikasi perangkat lunak.
      PaaS dirancang untuk memudahkan pengembang (developer) untuk membuat web atau aplikasi mobile dengan cepat, tanpa perlu khawatir dengan pengaturan atau pengelolaan infrastruktur yang mendasari server, storage, jaringan, dan database yang diperlukan untuk pengembangan perangkat lunak.


      3.   SaaS (Software as a Service)

     SaaS adalah metode untuk menyediakan aplikasi perangkat lunak melalui internet, berdasarkan permintaan dan biasanya secara berlangganan. Dengan SaaS, penyedia cloud menyimpan dan mengelola aplikasi perangkat lunak dan infrastruktur dasar, dan menangani pemeliharaan apapun seperti upgrade perangkat lunak atau patching keamanan.
      Para pengguna terhubung ke aplikasi melalui Internet, biasanya dengan web browser yang ada di ponsel, tablet, atau PC.



Sumber :

http://bidakara.ac.id/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing-sumber-pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing/

https://www.jejakwaktu.com/cloud-computing/

Komentar