Sejarah dan Pengertian Web



WEB

Sejarah
Tahun 1993, Tim Berners-Lee dan peneliti lain di European Perticle Physics Lab (Consei European pour la Recherche Nucleaire, atau CERN) di Geneva, Swis, mengembangkan suatu cara untuk men-share data antar koleganya menggunakan sesuatu yang disebut dengan hypertext. Pemakai di CERN dapat menampilkan dokumen pada layar komputer dengan menggunakan software browser baru.

Kode-kode khusus disisipkan ke dalam dokumen elektronik ini, memungkinkan pemakai untuk meloncat daru satu dokumen ke dokumen lainnya pada layar dengan hanya memilih sebuah hyperlink.

Kemampuan internet dimasukkan ke dalam browser ini sehingga loncat daru satu dokumen ke dokumen lain, tidak lagi dari satu komputer saja, tetapi dapat meloncat ke dokumen lain yang letaknya pad akomputer remote.

Seorang peneilti dapat juga mengirimkan sebuh file dari komputer remoteke sistem lokalnya, atau log in ke dalam suatu sistem remote hanya dengan mengklik hyperlink, tidak perlu melalui mekanisme FTP atau Telnet. Jalan pintas CERN digunakan sebagai dasar dari yang disebut sekarang dengan World Wide Web dan berikut server dan browser webnya (sekarang dimaintenance oleh World Wide Web Consortium).


Pengertian
World Wide Web atau WWW atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan informasi bagi pemakai computer yang terhubung ke internet dari sekedar informasi “sampah” atau informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang gratisan sampai informasi yang komersial. Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Adapun cara kerja web adalah sebagai berikut:
      a.      Informasi web disimpan dalam dokumen dalam bentuk halaman-halaman we atau web page.
      b.      Halaman web tersebut disimpan dalam computer server web.
    c.  Sementara dipihak pemakai ada computer yang bertindak sebagai computer client dimana ditempatkan program untuk membaca halaman web yang ada di server web (browser).
      d.      Browser membaca halaman web yang ada di server web.

sumber : 
http://raghibnuruddin217.blogspot.co.id/
Sidik, Betha, dan Husni Iskandar Pohan. 2014. Pemrograman Web dengan HTML. Bandung: Informatika Bandung.

Komentar