Arsitektur Web dan Aplikasi Utama Mengenai HTTP, HTML, Web Server



ARSITEKTUR WEB & APLIKASI UTAMA MENGENAI HTTP, HTML, WEB SERVER

Apa itu Arsitektur Web?
Arsitektur Web adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang mana seperti pengertian arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna.Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web.Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.


Ada dua komponen dasar di dalam arsitektur Web, yaitu browser web dan server web. Browser web menawarkan antarmuka grafis untuk pengguna dan bertanggung jawab untuk komuniikasi dengan server web. Protokol komunikasi antara browser dan server web mengikuti protokol HTTP yang distandardisasi.

Antarmuka antara pengguna dan browser adalah bahasa HTML yang terstandardisasi. Sedangkan komunikasi antara browser dan server menggunakan protokol HTTP. HTTP juga disebut protokol client/server, dengan arti bahwa browser adalah client dan server web adalah server. Pada HTTP, sebuh server biasanya menunggu permintaan client.

Di sisi lain, client emnunggu pengguna untuk memberikan komentar. Perintah yang dimasukkan harus selalu diterjemahkan ke dalam permintaan HTTP sebelum perintah dapat diteruskan kepada server. Browser bertanggung jawab untuk proses penerjemah ini.

HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

HTTP
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks,yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee.

HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara klien dan server. Sebuah klien HTTP (seperti web browser atau robot dan lain sebagainya),biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server Webhosting tertentu (biasanya port 80).Klien yang mengirimkan permintaan HTTP juga dikenal dengan user agent.

Web Server
Web server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman – halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML

Sumber:


https://made21indra.wordpress.com/2015/03/28/arsitektur-web-dan-aplikasi-utama-konsep-dan-pengamanan-web/

Simarmata, Janner. Rekayasa WEB. 2009. Medan: Penerbit Andi

Komentar