Implikasi dan Dampak Terhadap Digital Cinema di Masyarakat

Implikasi dan Dampak Digital Cinema di Masyarakat


Teknologi digital cinema merupakan teknologi dimana sebuah hasil karya yang mencakup efek, video, audio, dsb diterapkan dalam sebuah karya film. Digital cinema merujuk pada penggunaan teknologi digital untuk mendistribusikan dan menayangkan gambar bergerak. Sebuah film dapat didistribusikan lewat perangkat keras, piringan optik atau satelit serta ditayangkan menggunakan proyektor digital alih-alih proyektor film konvensional.

Digital cinema dapat dibuat dengan media video yang untuk penayangannya dilakukan transfer dari format 35 milimeter (mm) ke format high definition (HD). Proses transfer ke format HD melalui proses cetak yang disebut dengan proses blow up. Setelah menjadi format HD, penayangan film dilakukan dari satu tempat saja, dan dioperasikan ke bioskop lain dengan menggunakan satelit, sehingga tidak perlu dilakukan salinan film. Contohnya, dari satu bioskop di Jakarta, film dapat dioperasikan atau diputar ke bioskop-bioskop di daerah melalui satelit.

Banyak keuntungan di pembuatan digital cinema, dalam tahap produksi maupun pascaproduksi. Memang, dulu sinema-sinema di Indonesia belum banyak yang menggunakan teknologi digital alias masih menggunakan pita seluloid. Namun sekarang, hampir semua sinema di Indonesia sudah memakai teknologi digital.

Implikasi Digital Cinema saat ini cukup banyak dan bervarasi, salah satunya adalah contoh dari kemajuan teknologi diberbagai bidang salah satunya adalah Digital Cinema. Didalam Digital Cinema terdapat banyak kemajuan teknologi, contohnya adalah pembuatan film pertama yang masih berwarna hitam-putih dan abu-abu dan kita lihat sekarang pada zaman ini sebuah film sudah banyak warna serta teknik dari grading-grading warna, sehingga bisa menampilkan suatu warna yang sedap dipandang mata, tidak hanya itu saat ini pun banyak sekali teknologi yang digunakan dalam dunia Digital Cinema, salah satu contohnya adalah greenscreen.

Jika berbica tentang dampak tidak akan ada habisnya. Dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan digital cinema di masyarakat dari dampak positif maupun dampak negatif, yaitu :
 
Dampak Positif:

·         Masyarakat mengikuti perkembangan zaman yang makin modern.
·         Menambah luas wawasan tentang dunia teknologi digital cinema khususnya industri film.
·         Menciptakan inovasi dan kreatifitas baru dalam bidang teknologi visual audio.

Dampak Negatif:

·         Bagi sebagian remaja jika terus menonton film di Bioskop menghabiskan banyak uang.
·      Karena terlalu modern dan canggih masyarakat cenderung tidak memilki waktu untuk interaksi social yang cukup.

Komentar