Game Theory: Keuntungan dan Manfaat

Manfaat dan Keuntungan dari Game Theory

Teori permainan dikembangkan untuk menganalisa proses pengambilan keputusan yaitu strategi optimum dari situasi-situasi persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih kepentingan. Berikut Manfaat dari Game Theory:
  1. Mengembangkan suatu kerangka untuk pengambilan keputusan dalam suatu persaingan
  2. Menguraikan metode kuantitatif yang sistematik bagi pemain yang terlibat dalam persaingan untuk memilih strategi yang tradisional dalam pencapaian tujuan
  3. Memberi gambaran dan penjelasan penomena situasi persaingan / konflik.
  4. Membuat strategi negosiasi, ataupun strategi dalam persaingan bisnis yang diwarnai oleh terjadinya konflik.
Seperti halnya sebuah game, dalam teori permainan ini juga mempunyai ketentuan-ketentuan atau aturan. Ketentuan-ketentuan dasar teori permainan :

1)      Angka-angka matriks pay out (matriks permainan) menunjukan hasil dari strategi permaianan yang berbeda. Dalam permainan, dua pemain jumlah nol ini, bilangan positif menunjukan keuntungan bagi pemain baris dan untuk pemain kolom adalah kerugian.
2)      Suatu strategi tidak dapat dirusak oleh lawan atau faktor lain
3)      Suatu strategi dikatakan dominan bila setiap pay off dalam strategi adalah superior terhadap setiap pay off yang berhubungan dalam suatu strategi. Maksudnya, jika dalam gambar diatas di perusahaan A strategi harga S1 didominasi oleh strategi S2.
4)      Suatu strategi yang optimal adalah rangkaian kegiatan atau rencana yang menyeluruh yang menyebabkan seorang pemain dalam posisi yang paling menguntungkan tanpa memperhatikan kegiatan-kegiatan pesaingnya
5)      Tujuan model permainan adalah mengidentifikasi strategi atau rencana optimal untuk setiap pemain

Komentar