Game Industry: Perbedaan Dulu dan Sekarang

5 Perbedaan Industri Game Indonesia Dulu dan Sekarang

  • Platform yang berubah
Saat ini para gamer Indonesia lebih menyukai game yang bisa dimainkan secara mobile, terutama yang bisa diakses lewat smartphone. Hal ini berbeda dari sebelumnya yang kebanyakan masih terpaku pada game arcade dan game online di komputer.
  • Bertambahnya gamer
Platform yang berubah serta banyaknya ragam game yang ditawarkan membuat gamer pun bertambah. Saat ini, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa memiliki pilihannya game yang sesuai dengan aktivitas mereka.
  • Kunci game yang sukses
Dengan kondisi ketersediaan teknologi yang tersedia di Indonesia saat ini, ada beberapa poin yang menjadi kunci suksesnya sebuah video game. Salah satunya adalah ukuran awal yang relatif kecil karena harga kuota internet yang masih relatif mahal serta masih banyak smartphone dengan memory rendah. Yang juga penting adalah kemampuan engagement dari sebuah game. Selain itu, membuat game dengan mengikuti isu yang sedang hangat juga bisa menjadi kunci kesuksesan.
  • Bantuan pemerintah
Berbeda dengan saat Agate Studio pertama kali berdiri, saat ini pemerintah mulai banyak memberikan bantuan kepada para developer game lokal. Saat ini sudah ada Asosiasi Game Indonesia, dan industri ini juga sudah masuk menjadi salah satu bidang yang menjadi perhatian Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

  • Pilihan yang beragam
Saat ini game yang dibuat oleh para developer lokal juga mulai beragam. Tak hanya bagi mereka yang memang suka bermain video game, namun game yang tersedia juga meliputi berbagai bidang, mulai dari game edukasi hingga game yang bertema lokal.


 

Komentar