3D Studio Max
3D Studio
Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah
sebuah perangkat lunak grafik vektor
3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment
(dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan
dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi
untuk platform Win32. Kinetix kemudian
bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi
terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia
pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max
adalah suatu software (Perangkat lunak) untuk membuat sebuah grafik vektor 3
dimensi dan animasi. ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment, dulunya
dikenal sebagai Discreet and Kinetix. 3D Studio Max dikembangkan dari
pendahulunya yaitu 3D Studio for DOS, tetapi untuk platform Win32.
Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi
terakhir Autodesk, Discreet Logic. Yang sampai saat penulis membuat artikel ini
yang terbaru adalah 3D Studio Max versi 9. Para desain grafis banyak
menggunakan software ini digunakan untuk membuat sebuah film animasi,
arsitektur rumah, ataupun membuat logo suatu perusahaan.
Untuk menjalankan aplikasi ini membutuhkan
spesifikasi komputer yang cukup tinggi agar mendapat kenyamanan saat
menggunakannya. Karena banyak proses yang membutuhkan grafik yang tinggi untuk
melakukan rendering dan sebagainya.
Ada 5 metode pemodelan dasar:
- Pemodelan dengan primitif
- NURMS(subdivision surfaces)
- Surface tool
- NURBS
- Pemodelan polygon
Pemodelan dengan primitif
Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang
membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, "cone",
silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat
menerapkan operasi boolean, termasuk
pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat
dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut
"pemodelan balon".
Mental Ray
Mental Ray merupakan
sebuah render engine (mesin untuk
merender gambar
atau video)
yang terdapat pada program 3D Studio
Max, selain render standar max yaitu "Default Scanline".
Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal
secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat
mengkalkulasi efek Global Illumination dan Indirect Illumination,
selain itu dapat juga menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya.
Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render,
Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya
masing-masing.
Fitur-fitur yang bisa kita peroleh dari software 3ds max
:
- Fitur Model Organic dan Unorganic.
- Fitur Biped dan Bone ( Rangka ).
- Fitur Texture Real dan Texture Cartoon.
- Fitur Membuat Bulu, Rambut, Rumput dan Sebagainya.
- Fitur Membuat Kain dan Baju.
- Fitur Objek Liquid
- Fitur Cahaya Realistic.
- Fitur Animasi Dynamic.
Kelebihan dan kekurangan 3D Studio Max
Kelebihan
Mampu membuat objek Virtual secara 3
dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan. Mampu memberikan kesan
material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah. Mampu
memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan
bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting. Dapat menjalankan
proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur
proses animasinya.
Kekurangan
3D Studio max mungkin bagus untuk pemula dan dapat
membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kelemahan bahwa
harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat
karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan
lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk
kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara
kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.
Komentar
Posting Komentar