Strategi Kebudayaan

STRATEGI KEBUDAYAAN NASIONAL



Sudah sejak lama Indonesia terpengaruh oleh adanya era globalisasi. Pergaulan internasional, perkembangan komunikasi dan transportasi itu contoh dari beberapa aspek globalisasi yang tumbuh berkembang di Indonesia sekarang ini. Tentu dibalik itu semua ada dampak negatif maupun dampak negatif yang akan ditimbulkan. Semisal bangsa ini mulai terpedaya dengan adanya internet. Apalagi, internet bukan hal yang asing di hadapan masyarakat Indonesia baik dari kalangan muda maupun dewasa masa kini. Secara tidak sadar masyarakat menjadikan itu sebagai pola hidup mereka yang pada dasarnya tidak sesuai dengan karakter bangsa. 


            Salah satu bagian masyarakat  yang lebih cepat terpengaruh budaya asing biasanya adalah generasi muda. Beberapa dari generasi muda Indonesia mudah menerima tanpa menyaring berbagai budaya asing yang masuk, sedangkan budaya tersebut dapat menurunkan kepribadian dan budi pekerti pemuda itu sendiri. Mulai dari cara berpakaian, cara makan, cara berinteraksi, musik dan sebagainya. Internet membuat generasi muda, melupakan apa yang sudah nenek moyang ajarkan kepada kita. Bagaimana cara kita berpakaian, berinteraksi kesesama maupun budaya yang kita punya. 


            Indonesia memiliki tagline yang biasa kita dengar yaitu Wonderful Indonesia. Wonderful Indonesia adalah slogan pemerintah Indonesia lewat Kementerian Pariwisata dan Budaya RI untuk mempromosikan industri pariwisata di luar negeri. Dalam hal ini masyarakat luar dapat mengetahui seperti apa itu Indonesia, bagaimana sifat/sikap orang-orangnya, bagaimana kebudayaan yang ada di Indonesia serta indahnya alam yang kita punya. Kita bisa menggunakan internet sebagai jalur untuk mempromosikan Indonesia, seperti mempublikasikan atau memberitahu kepada semua orang di dunia ini apa itu Wonderful Indonesia. Mengapa kita memiliki tagline seperti itu. Mengapa mereka harus tau dan mengenal Indonesia.



            Saya menamakan strategi tersebut sebagai strategi kebudayaan nasional. Strategi tersebut bertujuan agar seluruh masyarkat Indonesia terutama generasi mudanya agar bangga dan dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam mewujudkan hal itu serta turut pula berpartisipasi dalam melesatarikan apa yang kita punya. Strategi ini bisa dilakukan melalui jalur pendidikan. Semisal pertukaran antar pelajar ke luar negeri. Diadakannya pertukaran pelajar, para pelajar dapat menimba ilmu serta dapat memperkenalkan ke Indonesia ke masyarakat luar. Dalam segi kebudayaan maupun alamnya. Strategi ini bisa juga dilakukan dengan memperkenalkan  atau mempertontonkan kebudayaan kita di luar sana. Seperti di adakannya pertunjukan seni musik, seni tari, maupun dalam bidang lainnya. Di negara sendiri pun kita bisa dengan membuat lomba-lomba, ajang kebudayaan serta festival. Dengan adanya Wonderful Indonesia dan strategi yang sudah saya paparkan di paragraf akhir, kita dapat lebih mudah mengenalkan budaya Indonesia  di dunia internasional.

Komentar

Posting Komentar